Selasa, 23 Desember 2008

Hobi itu mahal


Wew…akhirnya kalajengking hitamku sudah mulai menunjukkan taringnya (mang kalajengking ada taring ya?). Terbukti dengan sudah banyaknya terlihat perubahan, terutama pada kaki kaki. Hari minggu kemaren, setelah sebelumnya hunting mati matian terhadap velg lebar jari jari di Cikarang dan Bekasi tanpa membuahkan hasil, tujuan akhir saya adalah otista (Otto Iskandar Dinata). Kira kira jam 11 saya sampai di lokasi. Toko pertama yang saya sambangi ternyata tidak menyediakan velg yang sudah membayangi otak kiri saya dalam dua bulan ini. Dari toko ke toko yang saya datangi dan dengan proses tawar menawar yang cukup alot, akhirnya saya mendapatkan juga velg jari jari lebar tersebut.

Untuk bagian depan sengaja saya cari velg lebar dengan merek biasa (champ) dengan lebar. 2.50 yang dibalut dengan ban Federal ukuran 90/80 tubeless. Walaupun ukuran segitu kelihatan tidak begitu lebar, tapi setelah bersemayam didalam champ 2.50 tadi, alhasil bentuk yang saya imajinasikan selama ini terwujud jua. Menyikapi velg lebar diatas, sepakbor standar terpaksa harus dirumahkan berhubung sudah tidak muat untuk melindungi ban tersebut. Awalnya ada yang menawarkan sepakbor seken dari bahan fiber, tapi sumpeh jelek banget dan harganya juga ga bersahabat sekali. Tanpa pikir panjang saya beli sepakbor baru dari bahan plastic seharga 70 ribu + ongkos pasang (50 ribu). Awalnya kaget juga waktu diminta ongkos pasang segitu, tapi karena besi penopang dari bahan metal yang cukup keras, kasihan juga lihat mekaniknya kalau cuma dikasih murah, yo wisss..angkat mang.
Roda bagian belakang saya balut dengan ban mizzle tubeless dengan ukuran 120/80 model kembangan keluaran terbaru. Berhubung saya punya kenalan yang menjual ban mizzle dengan kondisi bad market, maka saya bisa mendapatkan ban ini dengan harga 280 ribu (cukup beda jauh dengan yang ditoko yang dijual seharga 450 ribu). Untuk velg saya gunakan gunakan merek Baros yang cukup terkenal itu dengan lebar 300. Sangat gagak jika sedang ditunggangi.

Selain itu, saya juga mengistirahatkan setang trail sebelumnya yang memang hancur banget, maklum barangnya emang murah banget, cuma 25 ribu perak. Kalau masuk lobang lumrah saja setang tersebut bengkok. Setang trail keluaran AHRS sangat memikat hati saya sehingga saya beli dengan harga 100 ribu (relative lebih murah dibanding teman yang beli seharga 160 ribu).



Data modifikasi my scopy saat ini
- Ban depan: Federal ukuran 90/80 tubeless (260 ribu)
- Ban belakang: Mizzle ukuran 120/80 tubeless kondisi BM (280 ribu)
- Velg depan: Champ ukuran 2.50 (200 ribu, kalau pintar nawar bisa 170 ribuan)
- Velg belakang: Baros ukuran 300 (750 ribu)
- Setang: AHRS model trail (100 ribu)
- Klakson tronton (100 ribu)





My next: GIVI dual side box 21 liter

14 komentar:

  1. Stiker aslinya (bagian body) ditutup aja Ghent. Di airbrush aja sekalian (kalo masih ada budget). Dijamin tambah cool tuh..

    BalasHapus
  2. Bener dik, apalagi kalau pakai bahan tipe bunglon, dijamin pasti cool deh. Cuma masalahnya belum ada investor yang mau berinvestasi di sini heeehehe.

    BalasHapus
  3. bagian belakang kurang naik tuh, biar lebih gahar lagi mendingan pake peninggi shock biar tinggi tinggi sekali....
    kesan undertrail nya lebih ketara, atau bergaya supermoto nya.
    jangan contoh motor gw..... alirannya gak jelas... standar touring

    BalasHapus
  4. Bagian belakang udah pake peninggi bro, tapi yang medium. kalau ditinggiin lagi takut shocknya ga terlalu main. Btw ni siapa bro

    BalasHapus
  5. onda ang buruak..

    sano

    BalasHapus
  6. onda ang buruak..

    ba...haa...maanntuuu dennnn

    BalasHapus
  7. keren mas, boleh saa copy paste style scorpio anda?
    trims yah sebelumnya

    BalasHapus
  8. masih standar kok bro, belum terlalu modified. nanti lah kalau dah ada budget. monggo..silahkan...

    BalasHapus
  9. bro, kalo berminat modif motor datang aja ke gua
    ada beberapa option modif buat lo
    kebetulan sekarang gua br ngerjain project scorpio


    ok.......i will be wait you

    BalasHapus
  10. mas,. kalo ban depan digedein lagi (110/70) dan belakang 130/70 lebih mantab boss,.

    eniwei, mantab. gue jug apake champ. tapi waktu itu barros belom keluar.

    BalasHapus
  11. Itu tromolnya asli bawaan PIO ori nya bro...?

    BalasHapus
  12. @Kharianto: asli tromol Pio nya bro. btw mau dijual niy bro...minat ga? thanks

    BalasHapus
  13. velg blakangnya diameter 17 ya bro?
    mw di jual ga? hehehe kontek ke dkamandanu@yahoo.co.id klo mw di jual ya bro. kebetulan gw lg nyari velg diameter 17 buat pio, depan 2.50 blakang 3.00 ni bro.
    bengkel temen ane sedia 'racun' buat pio tuh bro, pokonya pionya jadi enak deh larinya.

    BalasHapus
  14. motor udah laku bro...pakai matic sekarang :D
    thanks atas kunjungannya

    BalasHapus