Selasa, 02 Desember 2008

Cause and effect in life

Anda pernah disakiti oleh seseorang? Sebelum anda berniat melakukan aksi balasan coba sediakan waktu barang sesaat untuk introspeksi diri. Bisa saja ini karma karena diwaktu yang lalu 'mungkin' anda pernah menyakiti orang lain. Atau sewaktu seseorang menyelamatkan hidup anda, tidak tertutup kemungkinan itu dikarenakan anda juga pernah menolong orang lain sebelumnya. Teorinya semakin banyak kita memberi maka akan banyak yang kita terima. Tak peduli apakan itu pemberian baik atau pemberian buruk, pasti ada balasannya. Jika didunia tidak dibalas, diakhirat pasti.

Anda ingat rantai makanan? Kalau nggak salah pelajaran IPA waktu SD. Disitu digambarkan interaksi antara pemangsa dan yang dimangsa. Malang sekali bagi yang dimangsa, katakanlah seekor kambing. Didunia dia selalu jadi mangsaan hewan karnivora seperti singa dan harimau. Sampai kiamatpun akan begitu, dia tidak akan pernah bisa membalas perbuatan jahat sang karnivora. Tapi diakhirat nanti, sebelum hewan hewan itu dimatikan, tuhan akan memperlihatkan keadilannya dengan membalik proses rantai makanan. Pemangsa akan menjadi yang dimangsa, sesuai contoh yang diberikan nantinya kambing akan memangsa karnivora, ga tau apakah tuhan meminjamkan gigi harimau untuk kambing atau gimana.

Anyway..semalam sebelum pulang kuliah saya singgah ke ATM untuk buang air besar, eh nyunyunnnn..ngapain lo buang air besar di ATM. Maksud ane mengambil sesuat yang bernilai besar (baca: Fulus -red). Selesai transaksi dengan buru buru saya tinggalkan ATM menuju parkiran motor. Sebenarnya ada sedikit perasaan yang kurang enak, tapi saya abaikan. Selang beberapa saat sebelum menyalakan motor, datang seorang laki laki dengan tergesa gesa. "Pak, ini ATM nya ya?" Astaghfirulloh...lalai sekali saya malam ini, tak henti saya berucap istighfar. "Terima kasih banyak pak". Untung orang yang antri dibelakang saya adalah orang yang tau tentang hukum sebab akibat, malam ini dia menyelamatkan hidup saya, next time pasti ada yang menyelamatkan dia. Coba kalau yang antri dibelakang saya gerombolan siberat, pasti tabungan ratusan juta saya raib hehehe (mimpi kali ye punya duit segitu..gpp mimpi adalah awal segalanya)

Untuk bapak yang baik hati, semoga anda selalu dalam pertolongan...amiin

2 komentar:

  1. Saya sependapat Ghent. Menanam kabajikan pasti akan menuai kebahagiaan, asal kita bersabar menjalani hidup yang penuh dengan lika liku.

    BalasHapus