Kamis, 01 Januari 2009

Liburan akhir tahun (Part 2)

30 Desember 2008 pagi, selesai sholat shubuh karena belum ada kabar dari Taufik, saya lanjutkan tidur barang sesaat. Kira kira jam 7 ada sms masuk yang mengatakan kalau dia sudah mencapai Cibinong. Perkiraan saya kira kira 20 menitan lagi dia sudah sampai di kampus IPB Baranangsiang yang berlokasi persis di depan Kebun Raya. Miss communication yang terjadi sempat menjadi intermezo kita dipagi ini. Taufik yang memang tidak begitu kenal daerah Bogor pe-de aja mengabari kalau dia sudah didepan kampus IPB. Selidik demi selidik, ternyata dia menunggu saya di depan kampus IPB Darmaga, mana bisa ketemu. Setelah berkoordinasi cukup lama, akhirnya kita bisa ketemu di depan kantor walikota Bogor.

pastikan semuanya sudah lengkap dan aman

Kira kira setengah jam beristirahat dan sedikit melakukan koordinasi, perjalanan kita lanjutkan melewati puncak. Syukurnya puncak tidak terlalu padat sehingga kami bisa melintasi jalanan dengan lancar dan dengan sedikit manuver manuver sederhana yang cukup menguji adrenalin. Kaidah touring kita junjung tinggi, yaitu hanya melajukan kendaraan maksimal pada 80 km/jam dan mematuhi peraturan lalu lintas. Sebelum sampai puncak pas, kami singgah disebuah warung dibawah pohon rindang untuk menyicipi jagung bakar beserta mie goreng, lengkap dengan segelas bandrek susu. Kira kira setengah jam berikutnya perjalanan kita lanjutkan dengan kondisi tubuh yang sudah fresh lagi.

istirahat dulu bro, ga usah buru buru

Tak terasa kita sudah memasuki daerah Cianjur. Tergoda dengan medan yang sepi dan lurus, saya tarik gas secara responsif sampai menempuh angka 120 km/jam. Wushhhh…tenang…tenang…saya yang memang tidak punya nyali untuk kebut kebutan tidak berani lagi menarik gas lebih dalam walau prediksi saya Scorpio saya pasti mampu menempuh angka 140 atau 150 km/jam. Bukannya tadi peraturannya top speed cuma 80 km/jam? Betul, saya salah! Hehehe…makanya jangan cuma janji doang, mana buktinya!!!

Menuruni jalan Cianjur yang cukup ramai, dikiri kanan bertebaran poto poto para calon pemimpin negeri masa depan. Misi pak, buk…kami hanyalah anak muda yang ingin menikmati dunia ini tanpa tau dan ingin tau tentang perpolitikan di negeri ini. Semoga aja senyum anda anda saat ini bukanlah senyum pengharapan semata supaya dipandang rakyat sebagai sosok pemimpin yang bertanggung jawab. Tapi sebelum anda memberikan senyum termanis anda dalam poster ini, anda benar benar harus tau tanggung jawab besar yang menanti, pesan kami selaku komunitas pecinta alam raya, selamat berjuang untuk Indonesia!!

Rumah Makan Lembur Kuring yang berlokasi dipinggir jalan, membelakangi persawahan hijau dan perbukitan kecil, benar benar memiliki hawa sejuk pedesaan yang semakin menambah nafsu makan saya. Seonggok nasi timbel plus tempat makan yang bertipe lesehan benar benar memanjakan para pelanggan yang datang. Habis makan langsung saya merebahkan diri ditemani hembusan angin sore dan canda ikan mas yang sedang bermain dibawah kita berada. Air mancur buatan dipojok kolam mempertegas keasrian dan kealamian rumah makan tersebut. Kira kira satu jam berikutnya perjalanan kami lanjutkan.

asli, ga rugi kalau singgah disini

hajar bleh..jangan mpe sisa

wehehehehe

Memasuki kota Bandung kami disapa oleh salah seorang biker sana dengan memberikan acungan jempolnya seakan mensiratkan ucapan “selamat datang di Bandung bro, nikmati liburan kalian dikota kecil yang bermartabat ini”. Martabat kota Bandung yang dari dulu digembar gemborkan kami buktikan sendiri ketika memasuki penginapan murah dan bisa dibilang murahan. Dengan biaya 60 ribu rupiah kami menempati kamar dengan kamar mandi diluar. Secara sengaja atau tidak, di kamar yang tidak terlalu besar dan ditemani pengap sisa asap rokok, kami melihat bekas bekas cairan yang mengering di dinding..hiiiii..mengerikan bro. Asumsi kami terhadap pemandangan yang baru kami saksikan semakin diperjelas ketika tengah malam saya dibangunkan oleh suara suara yang agak berisik dari kamar lain, naudzubillahi min dzalik, tempat apa iniiiiii..arghhhhhh

untung satpol PP ga datang kesini

Setelah berunding dengan Taufik, paginya kita putuskan mencari sarapan di daerah Gasibu sebelum melanjutkan perjalanan pulang melewati Purwakarta. Lontong sayur dengan embel embel ‘Padang’ sebagai makanan pembuka dipagi ini. Awalnya sempat bingung mencari jalan keluar menuju Cimahi, tapi bukan petualang namanya kalau cuma keluar dari Bandung aja ga bisa. Teringat pesan kakek-nenek kita jaman dulu, malu bertanya sesat dijalan, segera saya dekati security salah satu factory outlet yang punya tampang cukup sangar. Selesai saya bertanya, sang security memberikan penjelasan lengkap dengan logat sunda khas Bandung yang terkenal sangat sopan itu. “Tararengkiu ak” dan kami langsung bergerak menuju Cimahi.

sarapan pagi di Gasibu, hmmm semalam suara orang lagi ngapain ya ?-

suara apa ya semalam itu...(berpikir keras)

Dalam perjalanan kami singgah di bengkel Yamah karena Scorpio saya sudah harus ganti oli. Baru kali ini saya masuk ke bengkel dengan pelayanan setara hotel, walau cuma untuk sekedar ganti oli, ya ganti oli. Selesai mengisi data data saya dipersilahkan menuju ruang tunggu yang berlokasi di lantai 2 untuk menukarkan voucher dengan makanan. Karena saya hanya ganti oli, maka voucher saya hanya senilai 5000 rupiah, lumayan dapat roti. Sambil menunggu motor saya selesai, kami menikmati tontonan LCD 32 inchi dengan sound systemnya, duduk di sofa yang super empuk sambil melahap majalah majalah otomotif. Awalnya agak nyesal karena saya tidak bawa laptop, disini ternyata juga ada fasilitas hotspotnya. Kira kira setengah jam istirahat disana, kami melanjutkan perjalanan pulang.

Sampai di Jatiluhur kami sempatkan untuk singgah ke waduk buatan yang menjadi sumber energi dari listrik yang kita gunakan sehari hari, waduk Jatiluhur. Liukan jalan dengan tanjakan dan turunan terasa nikmat jika dilahap dengan motor sekelas Scorpio, nyaris tak ada masalah. Melalui kaca spion saya lihat gaya Taufik melahap tikungan denga Meginya. Walau masih menggunakan ban standar, dia punya nyali untuk nikung rebah layaknya Rossi sebelum menempuh garis finish. Setelah membayar tiket masuk, untuk motor 10 ribu rupiah (relatif lebih mahal dari hari biasa karena malam ini adalah malam tahun baru), kami langsung mencari bibir waduk yang maknyus untuk dijadikan tempat melepas lelah. Satu set tikar yang disewa 5000 rupiah langsung menjadi tempat saya merebahkan diri dan mampu membius mata saya untuk terpejam selama hampir satu jam.

set dah... gua masih bingung niy tentang suara semalam

Sambil menyelami alam tidur, sayup sayup saya mendengar alunan…

Malam ini ku sendiri

Tak ada yang menemani…

“Jangan diganggu, kayaknya lagi istirahat” sela salah seorang dari mereka. Pengamen itu membangunkan tidur siang saya hari ini..hufff. Sewaktu bangun adrenalin bermain gitar saya jadi terpacu, maklum udah lama ga main gitar.

“Mas, saya pinjam gitarnya ya, setengah jam aja, saya bayar 10 ribu” Tawaran saya disambut girang oleh pengamen yang beranggotakan lima orang itu. Lagu lagu Nugie dan lagu yang trend dari tahun 2000-2003 saya nyanyikan dengan suara lepas tanpa beban, nikmat dan puas. Tak tau bagi yang mendengar disekitar.

bodoh amat suara apaan, yang penting sekarang kita 'ngerockkk

Jam setengah tiga sore kita melanjutkan perjalanan pulang setelah sebelumnya melaksanakan sholat zuhur dan ashar secara jamak. Memasuki daerah Cikampek kami banyak berpapasan dengan truk truk besar. Untuk menyalib truk truk ini terpaksa saya ambil jalur kiri, ga berani ambil kanan. Di penghujung Cikampek dengan pe-de saya belokkan sepeda motor memasuki tol, untung Taufik segera mengklakson sehingga saya segera putar balik, syukur ga ada pak polisi yang liat…ampun pak polisi SIM ada, STNK ada, uang ga ada hehehe

Sampai di Karawang kami berpisah karena saya mau singgah ketempat kakak dulu. “Tahun depan kita keliling Jawa Barat bro…tunggu kabar berikutnya!!”